STANDAR OPERASIONAL PROCEDUR

PENGERTIAN SOP (Standart Operasional Prosedur)

Apa sihh SOP ???

A. Pengertian
SOP atau Standart Operating Prosedure adalah serangkaian instruksi kerja tertulis yang dibukukan (terdokumentasi) mengenai proses penyelenggaraan administrasi perusahaan, bagaimana dan kapan harus dilakukan, dimana dan oleh siapa yang melakukan.
Menurut Tjipto Atmoko Standar Operasional Prosedur merupakan suatu pedoman atau acuan untuk melaksanakan tugas pekerjaan sesuai dengan fungsi dan alat penilaian kinerja instansi pemerintahan berdasarkan indikator-indikator teknis, administratif dan prosedural sesuai tata kerja, prosedure kerja dan sistem kerja pada unit kerja yang bersangkutan. 
B. Latar Belakang
Sebelum kita bekerja alangkah baiknya kita mengenal apa itu SOP dan apa kegunaan/manfaat dari SOP tersebut untuk pekerjaan kita nantinya. Karena setiap pekerjaan pasti menerapkan SOP (Standar Operasional Prosedur) dalam usaha/pekerjaannya.
C. Tujuan SOP
  • Agar pegawai menjaga konsistensi dan tingkat kinerja pegawai atau tim dalam organisasi atau unit kerja.
  • Agar mengetahui dengan jelas peran fungsi setiap posisi dalam organisasi.
  • Memperjelas alur tugas, wewenang dan tanggung jawab dari pegawai yang terkait.
  • Melindungi unit/organisasi kerja dan pegawai dari malpraktek atau kesalahan administrasi lainnya.
  • Untuk menghindari kegagalan/kesalahan, keraguan, duplikasi dan inefisiensi.
D. Manfaat SOP
  1. Sebagai standarisasi cara yang dilakukan pegawai dalam penyelesaikan pekerjaan yang menyelesaikan tugasnya.
  2. Mengurangi tingkat kesalahan dan kelalaian yang mungkin dilakukan oleh pegawai dalam melaksanakan tugasnya.
  3. Meningkatkan efesiensi dan efektivitas pelaksanaan tugas dan tanggung jawab individual pegawai dan organisasi secara keseluruhan.
  4. Membantu pegawai menjadi lebih mandiri dan tidak bergantung pada intervensi managemen, sehingga akan mengurangi keterlibatan pemimpin dalam proses pelaksanaan sehari-hari.
  5. Meningkatkan akuntibilitas pelaksanaan tugas.
  6. Menciptakan ukuran standar kinerja yang akan memberikan pegawai cara yang konkrit untuk memperbaiki kinerja serta membantu mengevaluasi usaha yang telah dilakukan.
  7. Memastikan pelaksanaan tugas penyelenggaraan pemerintahaan dan dapat berlangsung dalam berbagai situasi.
  8. Memberikan informasi mengenai kulifikasi kompetisi yang harus dikuasai oleh pegawai dalam melaksanakan tugasnya.
  9. Memberikan informasi dan upaya peningkatan kompetensi pegawai.
  10. Memberikan informasi mengenai beban tugas yang dipikul oleh seorang pegawai dalam melaksanakan tugasnya.  
 E. Fungsi SOP
  • Memperlancar tugas pegawai atau tim kerja.
  • Sebagai dasar hukum bila terjadi penimpangan.
  • Mengetahui dengan jelas hambatan-hambatannya dan mudah untuk dilacak.
  • Mengarahkan pegawai untuk sama-sama disiplin dalam bekerja.
  • Sebagai pedoman dalam melaksanakan pekerjaan rutin.
F. Keuntungan SOP
  1. SOP yang baik akan menjadi pedoman bagi pelaksana, menjadi alat komunikasi dan pengawasan dan menjadikan pekerjaan diselesaikan secara konsisten.
  2. Para pegawai akan lebih memiliki percaya diri dalam setiap bekerja dan dan tahu apa yang harus dicapai dalam setiap pekerjaan.
  3. SOP juga bisa dipergunakan sebagai salah satu alat trainning dan bisa digunakan untuk mengukur kinerja pegawai.
G. Referensi
http://192.168.153.3/data/SOP K3 Management Project/PENGERTIAN_STANDAR_OPERASIONAL_PROSEDUR.pdf
Previous
Next Post »